Kamis, 20 Agustus 2015

Sakitnya Di Bully

SD telah berakhir saya mulai masuk SMP tahun 2004. Saya masuk SMPN 12 Madiun. Lebih banyak kelas tentunya, muridnya pun juga banyak. Kelas 7 telah dimulai, saya pun bertemu teman-teman baru. Teman-teman sekelas saya baik-baik jarang ada yang menindas yang lemah. Walaupun di sekolah itu ada premannya yang kerjanya malakin uang jajan anak-anak lemah dan polos, tiap kelas harus setor sama dia.
***
Singkat cerita kelas 7 mau naik kelas 8 semua kelas di acak penghuninya. Saya jadi pisah deh sama teman-teman baik saya. Nasib saya memang apes saat itu di kelas 8 saya campur sama anak-anak nakal yang jail-jail. Saya terbilang anak yang lumayan pintar dari kelas 7 sampai awal kelas 8. Tapi itu tidak bertahan lama, semuanya berubah saat anak-anak nakal itu mulai menunjukkan taringnya. Saat guru memberikan PR di rumah saya mengerjakan dengan rajin dan sungguh-sungguh supaya dapat nilai terbaik. Eh paginya ketika saya datang terus masuk kelas di hadang sama anak-anak nakal itu dengan memaksa saya supaya meminjamkan PR yang saya kerjakan pada nya. Dia tidak segan-segan memukul saya kalau menolak permintaanya. Tidak cukup itu saja yang merugikan saya. Dia sering merampas perlengkapan sekolah saya seperti pensil, pulpen, penggaris dll dengan mengobrak abrik tas saya. Saya pun tidak bisa berbuat apa-apa karena saya cuma anak polos berbadan kecil. Untuk pencegahan saya membawa gembok kecil kuning untuk mengunci tas saya dan itu berhasil mencegah nya merampas barang-barang saya. Dia pun sering marah gara-gara tidak bisa membongkar isi tas saya. Sebagai pelampiasan saya sering di pukuli dia.
***
Dari situ saya mulai trauma. Di rumah pun saya tidak berani cerita ke ortu. Perasaan sakit ini cuma bisa saya pendam.  Saya tidak tau harus mengadu pada siapa waktu itu. Dampaknya saya jadi penakut, pemalu, pendiam apalagi kalau pas saya panik selalu banjir keringat. Saat presentasi di depan kelas pikiran saya masih ketakutan ingat siksaan anak nakal itu pada saya jadinya banjir keringat badan basah kuyub kayak kehujanan. Teman-teman sekelas pada heran tapi lebih banyak yang ngejek. Malu sekali saya waktu itu. Prestasi saya makin menurun. Yang awalnya berani mengemukakan pendapat jadi pendiam dan penakut.
***
Di lingkungan rumah saya mulai jarang keluar rumah. Jadi banyak merenung di dalam kamar. Sampai ke warung pun saya takut ketemu orang. Pokoknya ketemu orang asing jadi takut dan gelisah sendiri
***
Tak terasa kelas 8 berakhir juga berganti kelas 9. Teman-teman kelas 7 pun kembali satu kelas. Teman baik yang lama berpisah akhirnya bisa ngumpul lagi kangen banget rasanya. Tapi mereka tidak tau apa yang saya alami selama berpisah. Trauma itu masih terbawa di pikiran saya tapi saya mencoba menyembunyikannya dari teman baik saya. Saat teman baik saya tidak masuk atau pas saya di tinggal sendiri saya merasa panik dan kesepian banjir keringat pun datang. Soalnya saya cuma berani ngomong ke mereka. Ke teman lain jarang ngomong apalagi temen-temen cewek. Rasanya saya minder tingkat dewa gara-gara trauma di siksa anak nakal itu.
***
Setelah lulus UAN pisah lagi deh sama teman baik. Tahun 2008 mulai masuk ke jenjang yang lebih tinggi. Ada yang daftar SMA ada yang SMK. Saya milih SMK negeri yang favorit tapi sayangnya tidak masuk karena nilainya kurang, dengan terpaksa masuk SMK swasta, yang penting saya udah berusaha. Di SMK pun saya masih membawa trauma itu di pikiran saya. Kebetulan teman-teman SMK saya berbadan besar dan tinggi-tinggi serta wajah yang sangar. Saya jadi gemetar saat pertama jumpa dengan mereka-mereka banjir keringat pun terjadi lagi. Saat upacara dekat mereka pun juga begitu saya basah kuyub oleh keringat. Mereka juga heran di kiranya saya lagi sakit. Guru SMK saya juga ngira kalau saya sakit. Akhirnya suruh masuk kelas gak boleh ikut upacara. Semua itu gara-gara trauma SMP saya jadi begini. Sampai saya pernah menalikan karet gelang ke jari saya supaya bisa meredam keringat saya kalau trauma itu datang lagi. Cara itu cukup berhasil tapi tidak sempurna, setidaknya bisa mengurangi rasa panik dan ketakutan saya yang berlebihan. Seiring berjalannya waktu saya mulai mengenal watak dan sifat teman-teman sekelas saya di SMK. Ternyata mereka baik tidak suka menindas walaupun muka nya serem-serem. Cuma satu dua yang resek tapi tidak seburuk SMP dulu. Kebetulan teman sebangku saya orang yang baik dia lah yang memulihkan mental saya sedikit demi sedikit. Saya jadi berani berbicara lagi, berani mengungkapkan pendapat lagi. Tapi belum pulih seutuhnya karena trauma itu masih sering menghantui saya. Kadang sampai sekarang ini saya masih sering bermimpi ketemu anak nakal itu.
***
Itulah sakitnya di bully, akibatnya mental jadi rusak, trauma mendalam. Sungguh jahat sekali para pembully itu. Tapi orang dewasa pun tidak lepas dari bully walau tidak bersifat siksaan fisik tapi dengan di cueki, di kucilkan, di deskriminasi, itu semua tidak kalah menyakitkan. Semoga anak saya kelak tidak jadi korban bully, cukup saya saja.

3 komentar:

  1. saya kalau sekolahsaya lg stress krna saya umur 42 thn msh nganggur dan jomblo. dulu thn 2003 saat msh kerja saya sering dimutasi, diremehkan orang krna otak dan tenaga saya payah shg saya mengundurkan diri, nyari kerja lg baru sebentar dipecat krna tdk becus kerja. dulu saya kalau nyari jodoh sering ditolak cewe, diremehkan cewe, dibohongi teman, dimanfaatkan teman, diancam org, dipukul orang saat nyari cewe dll.. akibatnya saya selama 15 thn tiap hari marah marah, berkata kotor, susah tidur, kdng banting barang barang, sering berdoa yg buruk buruk dll. buka usaha kecil kecilan di rumah bangkrut, jualan barang secara online tdk laku laku. saya sdh 12 thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah..dulu thn 2003 saat merantau ke bdg saya melamar cewe nama nya Nur (karyawati iwamatex) org andir ciparay, tp lamaran saya ditolak, saya sampai skrng blm mampu melupakan dia. yg bikin saya cinta mati dg nur krna dia cantik, pendiam, lugu, rajin sholat, tdk matre, jarang keluyuran, dia juga jadi tulang punggung keluarga krna ortu nya petani miskin. saya mengira nur jodoh saya, krna saya kalau ada di dkt dia hidup saya semangat, hati saya damai, tp ternyata dia cewe yg paling sulit saya dapatkan. saya ngejar dia 2 thn saya ditolak habis habisan.. saya sdh nyari yg lain tp sulit. saya org nya dungu dan loyo shg suliit jodoh dan rejeki.. kdng cewe yg mau dg saya, adalah cewe yg tdk saya sukai.., kerja, olahraga, nyari cewe sering dibuli krna saya cupu dan letoy..

    BalasHapus
  2. saya sejak kecil sampai skrng sering dibully krna saya cupu dan letoy.. saya umur 42 thn msh nganggur dan jomblo. dulu thn 2003 saat msh kerja di bdg saya sering dimutasi, diremehkan teman dan atasan krna otak dan tenaga saya payah shg saya tdk betah dan mengundurkan diri, nyari kerja lg baru sebentar dipecat krna tdk becus kerja. di kampung buka usaha kecil kecilan bangkrut, jualan online tdk laku.. dulu saya di bdg kalau nyari jodoh sering ditolak cewe, diremehkan cewe, dibohongi teman, dimanfaatkan teman, diancam org, dipukul orang dll.. di kampung nyari jodoh tambah sulit krna sepi dan cewe yg jarang ada yg cantik, kalau ada yg agak cantik saingannya bnyk.. akibatnya saya selama 15 thn tiap hari marah marah, berkata kotor, susah tidur, kdng banting barang barang, sering berdoa yg buruk buruk dll. apa saya kena gangguan ghaib? dulu kakek dan uwa saya paranormal sakti.. saya sdh 12thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah.. dulu thn 2003 saat merantau ke bdg saya melamar cewe nama nya nur (andir ciparay), tp lamaran saya ditolak, saya sampai skrng blm mampu melupakan dia. yg bikin saya cinta mati dg nur krna dia cantik, pendiam, lugu, rajin sholat, tdk matre, jarang keluyuran, dia juga jadi tulang punggung keluarga krna ortu nya petani miskin. saya mengira nur jodoh saya, krna saya kalau ada di dkt dia hidup saya semangat, hati saya damai, tp ternyata dia cewe yg paling sulit saya dapatkan. saya ngejar dia 2 thn (2001-2003) tp saya ditolak habis habisan pdhl dia sdh putus dg pacarnya. saya bilang kpd dia saya tdk akan nikah atau akan bunuhdiri jika dia menolak saya terus, tp dia tetap menolak saya. nur mentang2 cantik shg sombong dan jual mahal. saya pernah diusir sama dia saat saya main ke rumahnya, mungkin dia sdh dipelet cowok lain shg kelakuan nya spt kemasukan jin. . dia memuja cowoknya dan dia meremehkan saya. saya nyari cewe yg lain gagal lg. saya ditolak lagi, dibohongi teman, dimanfaatkan teman dll saat nyari cewe. saya sdh pernah ditolak cewe 7x. bukan krna saya kurang ganteng tp krna saya cupu dan loyo. cewe suka cowo yg jantan atau yg mapan. thn 2005 saat nur sdh nikah dg mantan pacar nya saya sering kirim surat ancaman kpda dia shg dia keguguran 3x krna sakit hati, kemudian thn 2009 dia cerai dg suaminya dan nur mencari cari saya supaya saya melamar dia, tp saya tdk berani datang krna saya yg merusak rumah tangga dia. selain itu saya sdh di kampung tdk merantau ke bdg lagi. tp saya sdh minta maaf kpd nur lwt surat. krna dulu saya lg stres berat krna saya merantau ke bdg sering dijahati org dan sering ditolak cewe. kemudian saya pulang kampung saya nganggur dan jomblo berthn thn. kalau nur bukan jodoh saya, kenapa saya seumur hidup cuma mencintai dia seorg. kpda cewe lain saya tdk pernah bsa mantap.. saya selalu ragu, minder dll.. saya yg berjuang dan berkorban mati matian utk mendapatkan nur, saya tdk dpt apa apa, tp cowok lain yg nyantai malah bsa nikah dg dia. alloh dg enteng memberi siksaan kpd saya tp alloh spt berat atau enggan melepaskan saya dari siksaan ini. mungkin krna saya cucu dukun sakti shg nasib saya sial terus. meski saya terus meningkatkan ibadah tp nasib tdk pernah berubah. saya sejak kecil sering dibully teman. ada yg bilang saya bodoh dan lemah, manusia aneh, tdk punya masa depan, tdk berguna dll..saya kalau dihina, ditipu, dipukul, difitnah saya msh agak tegar tp saya ditolak cewe, terutama cewe yg sangat saya cintai saya langsung terpuruk.. lama kelamaan saya jd males ibadah, buat apa saya menyembah tuhan yg kejam kpda saya..

    BalasHapus
  3. Astagfirullah jangan menyalahkan Tuhan bro, walaupun kamu tidak dapatkan cewek incaran mu tapi kamu masih diberi nafas sampai detik ini, diberi kesehatan. Soal pekerjaan juga harus kamu syukuri karena bisa dapat pengalaman kerja. Masih banyak orang diluar sana yang tidak bisa merasakan bekerja karena keterbatasan fisik. Bersyukurlah atas nikmat Allah SWT yg tidak bisa kamu lihat. Soal cewek yang nolak kamu, lebih baik kamu mulai menata hidup baru. Berjuang terus dapatkan cewek lain yang mau menerima mu apa adanya. Aku juga mencari ini. Masa lalu buat pelajaran berharga untuk lebih baik lagi ke depannya. Soal keturunan dukun mungkin saja jinnya masih mengganggu kamu, memperburuk aura kamu. Coba konsultasi ke tukang ruqyah biar sembuh dan masa depan kamu lebih cerah.

    BalasHapus