Sabtu, 18 April 2020

Negara Indonesia Harus Menanam Banyak Pohon Pisang Untuk Sumber Makanan Darurat

Siapa yang tidak suka pisang, hampir semua orang di bumi ini suka pada buah ini. Bahkan setiap meja makan pasti ada buah pisang sebagai makanan penutup. Buah yang mendunia ini harganya murah dan mudah di dapat. Pohon pisang tumbuh subur di iklim tropis. Di saat terjadi wabah corona seperti ini masyarakat kita banyak yang kelaparan dan tidak boleh keluar rumah. Kasihan kan kalau mati kelaparan. Tugas pemerintah harusnya menanggulangi kelaparan itu, di samping juga membasi virusnya.

***

Sekarang baru sadarkan, ketahanan pangan jauh lebih penting daripada infrastruktur. Buat apa infrastruktur bagus tapi banyak rakyat kelaparan. Saran saya untuk pemerintah adalah menanam pohon pisang sebanyak mungkin, kalau bisa di pinggir-pinggir jalan juga di tanami. Jangan cuma fokus pada kelapa sawit saja yang lebih merusak lingkungan. Pohon pisang sangat efektif untuk menanggulangi kelaparan. Mulai dari buah, batang, bonggolnya bisa di masak menjadi makanan enak. Penanamannya juga tidak butuh waktu lama.

***

Kalau pohon pisang melimpah dimana-mana, saya yakin kelaparan dapat di cegah. Terutama kebun pohon pisang milik negara yang luas untuk cadangan makanan darurat rakyat. Dengan berbagai olahan makanan dari pohon pisang rakyat tidak akan kelaparan lagi. Pohon-pohon pisang milik negara di pinggir-pinggir jalan di kelola untuk tunawisma, pengemis, dan orang-orang yang tidak mampu. Jadi kelaparan bisa di atasi dengan pohon ajaib ini.

***

Jangan hanya bergantung pada padi, terkadang padi juga beresiko besar gagal panen. Pemerintah harus beralih ke jagung, singkong, umbi rambat, sagu dll karena tanaman-tanaman ini punya keunggulan di banding padi. Dan menurut saya yang termudah adalah pohon pisang. Semoga ke depannya Indonesia kita ini terbebas dari kelaparan saat terjadi wabah seperti ini. See u next time.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar