Kamis, 07 Maret 2019

Jangan Salahkan Hujan


Di madiun, ponorogo, ngawi, dan sekitarnya lagi terkena banjir gara-gara hujan dua hari terus menerus.
Akhirnya hujan yang tak tau apa-apa disalahkan. Harusnya masyarakat lebih peka dan introspeksi. Itu semua terjadi karena keserakahan manusia itu sendiri. Sungai jadi tempat sampah, lahan-lahan resapan air berkurang, sawah banyak yang jadi perumahan. Kenapa hujan yang di salahkan, memang tugas hujan kan menyirami bumi ini. Agar tanah tumbuh-tumbuhan menjadi subur dan tidak kehausan.

***

Daripada menyalahkan hujan lebih baik memikirkan solusi agar tidak kebanjiran. Seperti tidak membuang sampah di sungai, menjaga sungai tetap alami, membatasi jumlah perumahan, memperbanyak lahan resapan air. Tapi manusia terlalu sibuk dengan urusannya masing-masing, mungkin butuh penggerak juga agar masyarakat mau bergotong royong membersihkan sungai dari sampah.

***

Hujan harus kita syukuri sebagai berkah. Dengan suasana mendung seperti ini, suasana jadi tenang dan damai. Apalagi tanggal merah seperti ini. Enak banget buat bersantai, sambil makan pop mie dan nonton youtube. Okelah kalau begitu selamat bersantai kawan-kawan. See u next time.

2 komentar: