Kamis, 01 Juni 2017

Kegiatan Puasa Jaman Dulu vs Sekarang

Kegiatan puasa saya jaman dulu tahun 97-2000 an :

Hari Libur,,,

  1. Sahur bersama keluarga lauknya seadanya kadang mie instan satu di bagi dua sama abang saya. Hiburannya dengerin radio butut dengan saluran favorit Gabriel Am/Sw kota Madiun, karena rumah saya dulu belum bisa pasang listrik masih pake lampu semprong. Air pun masih nimba di sumur.
  2. Paginya maen bersama teman-teman sampai jam 12 buka lalu puasa lagi (puasa bedug)
  3. Sampai menjelang sore sehabis mandi maen lagi bersama teman-teman, jam 5 mau menjelang buka puasa ibu menyuruh saya beli es batu di tetangga karena kulkas masih jadi barang mewah saat itu. Harga 1 es batu 300 perak. Sebelum buka dengerin ceramahnya KH. Zainuddin MZ di Radio Gabriel Madiun.
  4. Waktu buka puasa sangat menyenangkan sekali, bagaikan tidak minum bertahun-tahun. Es teh dan es dawet cincau hitam buatan ibu saya minum sebanyak-banyaknya sampai perut rasa nya sakit.
  5. Setengah 7 menghampiri rumah teman-teman saya bawa peci dan sarung buat taraweh bersama di masjid. Tapi kadang malah nggak jadi taraweh malah maen petasan sama kejar-kejaran.
  6. Jam 9 pulang tidur masih terdengar di Radio Gabriel lagu-lagu qosidah jaman dulu yang lagi hit.

Kegiatan puasa saya jaman dulu tahun 2017 Hari Libur,,,,


  1. Sahur bersama keluarga, lauknya enak-enak, ada televisi, listrik sudah tersedia, ada jam beker, ada HP android. Habis sahur tidur lagi sampai siang. Sholat subuh bolong.
  2. Bangun siang kadang mandi kadang tidak, hiburan sudah tersedia ada televisi, laptop, HP android, Playstation 2. Habis maen ps 2 maen ke belakang rumah dulu tiduran di hammock sambil melihat langit siang hari yang kadang panas kadang mendung. 
  3. Sore hari kalau mau kemana mana tinggal ngegas karena motor sudah tersedia walau motor tua. Saya biasanya maen ps kalau nggak ya nonton tv sambil nunggu buka puasa. Tidak perlu lagi beli es batu ke rumah tetangga karena di rumah saya kulkas sudah tersedia. 
  4. Waktu buka puasa terasa singkat, sambil nonton tv. Sholat magrib terus tiduran sebentar.
  5. Karena sudah dewasa tidak ada teman-teman dekat seperti dulu lagi karena beda status jadi musuhan. Pengen taraweh rasanya berat sekali. Akhirnya malah tidak taraweh menutup diri di rumah. Tidur sampai pagi. 
  6. Begitu seterusnya rasanya kesepian, ingin rasanya rajin ibadah walau tidak ada teman tapi rasa malas yang berat ini masih mengikat kuat sekarang. Semoga suatu saat saya bisa lepas dari rasa ini dan menjadi manusia yang kebal kesepian dan tetap berbuat baik untuk ibadah di jalan Allah SWT.
Suasana puasa jaman dulu mau pun jaman sekarang yang serba modern ini pasti masing-masing punya keunikan sendiri-sendiri. Saya harus mensyukuri yang sekarang. Karena jaman yang sekarang pasti lebih baik dari yang kemaren-kemaren. See u next time.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar