Minggu, 02 April 2017

Cerita kura-kura di sawah

Jaman dulu kata bapak saya, sawah-sawah masih alami banget tanah yang subur, air juga melimpah, di situ hidup kura-kura sawah atau kura-kura batok tidak tau asalnya darimana. Mereka berkembang biak karena cocok dengan habitat di sawah yang masih alami tanpa pupuk-pupuk kimia.

***

Saat malam hari para kura-kura itu keluar dari lubangnya untuk mencari makan. Bapak saya dulu kalau malam sering nyari kura-kura di sawah untuk di pelihara dan di jual.

***

Seiring berjalannya waktu, para petani banyak yang menggunakan pupuk-pupuk kimia yang justru merusak kesuburan tanah di sawah itu. Airnya pun juga tidak melimpah seperti dulu. Kura-kura sawah pun tidak pernah muncul lagi entah perginya kemana. Jangankan kura-kura sawah, ikan-ikan kecil dan belut pun susah ditemui di sawah itu. Yang ada hanya ular dan kodok yang menghuni sawah itu.

***

Saya berharap bisa menjumpai lagi kura-kura di sawah yang masih alami menghijau luas dengan air yang melimpah. Di jaga sepenuh hati agar tidak jadi korban keserakahan manusia-manusia rakus. Sawah yang hijau sekarang banyak yang di bangun pabrik-pabrik dan perumahan mewah. Dampaknya para petani jadi kehilangan mata pencahariannya. Suplai beras di masyarakat menurun dan harganya jadi mahal.

***

Saya hanya bisa berdoa kepada Allah SWT untuk kehidupan yang lebih baik lagi. Dan orang-orang diberikan kebijaksanaan untuk menghargai alam. Sekian dulu ya cerita nya. See u next time.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar