Minggu, 02 April 2017

Pentingnya Apresiasi (Penghargaan)

Di segala hal apresiasi sangat di butuhkan untuk mendongkrak semangat orang agar lebih baik lagi. Di lingkungan perusahaan jika pekerjaan karyawannya sering di apresiasi oleh bos tentang hasil kerjanya yang baik atau buruk, tentang kedisiplinan dan ketepatan waktu, itu semua akan bermanfaat bagi karyawan tersebut, untuk kedepannya hasil kerja karyawan yang buruk akan jadi baik, yang sudah baik akan semakin baik. Dan perusahaan pun akan semakin maju.

***

Di lingkungan keluarga, ayah dapat memberikan apresiasi kepada istrinya karena sudah mengurus anak, membuatkan masakan-masakan enak dan mengurus rumah dengan sangat memuaskan, bentuk apresiasi bisa berupa hadiah kecil tetapi berkesan seperti liburan romantis mengajak makan di restoran, beli cincin, atau pun baju baru buat sang istri agar lebih semangat dalam mengurus keluarga. Begitu juga sang istri juga memberi apresiasi pada anaknya yang sudah rajin sekolah, tidak nakal, rajin sholat dan mengaji, nurut sama orang tua. Sang istri dapat memberi apresiasi berupa makanan kesukaan si anak, mainan, atau keinginan si anak yang belum terpenuhi bisa di wujudkan. Dengan apresiasi tersebut si anak akan bersemangat untuk lebih rajin lagi ibadah dan sekolahnya.

***

Di lingkungan pertemanan, si A selalu ada buat saya saat saya butuh bantuan, saat saya sedih, saat saya terpuruk si A selalu memberi saran terbaik buat saya. Saya pun memberi apresiasi ke si A dengan cara mengajaknya makan mie ayam, bakso, dan turing sebulan sekali, agar dia selalu bersemangat saat saya butuh bantuannya. (BRD Apreciation)

***

Itulah contoh kecil pentingnya apresiasi pada siapa saja. Apresiasi akan membuat hati seseorang senang dan merasa di hargai. Dan akan menguntungkan kita juga. Bisa di bilang seperti sedekah atau shodaqoh. Semakin banyak kita memberi semakin banyak kita menerima.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar