Minggu, 19 Agustus 2018

Cerpen Penjaga Hutan Part 1

Cerpen Penjaga Hutan Part 1
By : Bayu Wisono

* Pulau Wingun *

Di Indonesia ini banyak sekali pulau-pulau kecil yg belum terjamah yang masih alami jauh dari hiruk pikuk suasana perkotaan. Di barat kota padang sumatra barat ada sebuah pulau kecil bernama pulau wingun, pulau yang damai jauh manusia serakah dari kota. Penduduknya masih bertani sebagai mata pencaharian sehari-hari dan juga beternak. Di pulau itu masih dipenuhi hutan, dan ada sebuah gunung bernama gunung siwung, di dekat lereng gunung itu ada sebuah kota bernama tanora.

***

Tahun 2018 ini makin marak saja pembalakan liar yang masuk ke pulau wingun untuk mendapatkan kayu berkualitas tinggi dengan gratis. Mereka sangat terorganisir seperti mafia dan juga menghalalkan segala cara, bukan cuma kayu yang mereka cari tapi juga hewan-hewan langka yang dilindungi mereka tangkap dan dijual ke luar negeri melalui pasar gelap.

***

Di kota tanora tersebut ada seorang pemuda yang baru lulus sma, pemuda itu bernama rama wijaya. Rama duduk sambil menunggu angkot di tepi jalan. Jam sudah menunjukkan pukul 13.00 wib. Dia sangat kebingungan karena sangat sulit mencari pekerjaan di pulau terpencil seperti itu. Adanya cuma lowongan penjaga konter hp di ruko-ruko kota tanora. Kalau mau dapat kerja kantoran harus keluar pulau itu dan merantau ke kota besar terdekat.

***

Saat menunggu angkot untuk pulang, ada koran tadi pagi yg tertiup angin, nyangkut di kaki rama. Rama pun mengambil koran itu dan melihat isi beritanya, headline berita itu berisi " Pencurian Kayu dan Hewan Liar di Gunung Siwung Makin Marak " . Membaca berita tersebut hati rama tergerak untuk melindungi hutan. Angkot pun datang juga, rama pun pulang menuju rumahnya.

Bersambung,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar