Rabu, 29 Mei 2024

TAMAN SURGA KUCING

Saat ini populasi kucing sudah sangat-sangat banyak sekali hampir menyaingi populasi manusia. Saking banyaknya sampai kleleran di pinggir-pinggir jalan, pasar, dan dekat pembuangan sampah. Over populasi tidak sebanding dengan sumber makanan mereka, sama seperti manusia. Akhirnya banyak kucing-kucing yang mati mengenaskan dengan banyak penyebab karena faktor kelaparan. Hanya sedikit kucing-kucing yang beruntung bisa dipelihara manusia yang baik hati, disayang-sayang sehingga mereka tidak kelaparan dan sehat terawat.


***

Yang saya lihat banyak sekali rumah penampungan kucing-kucing jalanan yang kurang efektif. Mereka hanya menampung kucing-kucing buangan yang terlantar dan memberinya makan dengan makanan siap saji. Memang kucing-kucing akan sangat senang tapi dampaknya mereka menjadi malas untuk mandiri mencari makanan alami karena terbiasa dimanja sama seperti imigran gelap rohingya.

***

Dalam masalah ini saya mempunyai ide brilian agar kucing-kucing bisa hidup mandiri dan bahagia. Caranya yaitu dengan membangun " Taman Surga Kucing ". Untuk membangun taman ini dananya bisa melalui donasi atau patungan sesama para pecinta kucing. Bisa juga dibangun secara perorangan kalau punya uang berlebih. Konsep taman surga kucing ini kurang lebih sama seperti aviary om irfan hakim, tapi tak semewah itu. Yang diperlukan untuk membangun taman surga kucing antara lain sebidang tanah yang cukup luas, dengan danau buatan ditengahnya, pohon-pohon rindang, pohon-pohon buah, sayur-sayuran, area berpasir sekeliling pinggir serta tembok yang mengelilinginya.

***

Danau ditengah taman surga kucing bisa di isi dengan berbagai macam ikan yang disukai kucing. Ikan-ikan itu akan berkembang biak didanau tersebut seperti danau alami dengan dialirkan melalui selokan-selokan kecil yang mengitari taman agar kucing-kucing lebih mudah berburu ikan-ikan tersebut. Selain itu ditaman surga kucing juga bisa diberi rumah-rumah burung dara sebagai alternatif makanan kucing-kucing disana. Bisa juga ditambah dengan kelinci, marmut, hamster, ayam agar berkembang biak ditaman itu dan bisa menjadi sumber makanan kucing-kucing disana.

***

Ditaman surga kucing juga bisa ditambah pos keamanan yang bertugas memantau ekosistem taman surga kucing. Untuk menambah nilai komersil, taman surga kucing juga bisa dibuat wisata bagi para pecinta kucing dengan membayar tiket masuk. Dan pastinya kucing-kucing penghuni taman itu akan senang sekali, selain mendapat makanan siap saji dari pengunjung, makanan alami juga tersedia melimpah ditaman itu.

***

Taman surga kucing itu juga akan menampung kucing-kucing buangan yang kelaparan. Bagi pengunjung yang ingin mengadopsi kucing dari taman itu juga bisa, tetapi harus izin dari petugas keamanan terlebih dahulu. Untuk kucing-kucing tua yang ada ditaman itu, akan mati dengan sendirinya jika petugas mengetahuinya akan langsung dikubur atau ditimbun tanah agar tidak menjadi bangkai ditaman itu.

***

Yang ingin berdonasi ditaman surga kucing juga akan diterima dengan baik apa pun donasinya. Seperti ikan, kelinci, marmut, hamster, ayam, makanan kucing siap saji (wiskas), dll. Dengan begitu taman surga kucing akan menjadi sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah kesengsaraan para kucing-kucing liar, kucing-kucing buangan yang terlantar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar