Senin, 23 November 2020

Solusi Paling Tepat Mengatasi Masalah Banjir Dengan Mengeruk Endapan Sungai Dan Selokan.

Musim hujan telah datang lagi, jangan lupa ya untuk membawa payung dan jas hujan saat mau pergi beraktifitas. Hujan adalah sebuah berkah bagi semua penghuni bumi, walaupun sekarang banjir dimana-mana, terutama di kota-kota besar. Sungai-sungai dan selokan meluap karena tidak mampu lagi menampung kapasitas air hujan. Percuma saja kita saling menyalahkan kalau tidak ada solusi.

***

Kalau menurut saya solusi mengatasi banjir adalah dengan mengeruk kembali endapan-endapan di sungai besar, sungai kecil dan juga selokan-selokan. Proses pengerukan skala besar-besaran bisa dilakukan sebelum musim hujan datang. Dengan di keruk sungai dan selokan akan lebih dalam lagi untuk menampung air hujan, sehingga tidak meluap lagi. Pemerintah hanya perlu menyiapkan alat pengeruk seperti bulldozer, beberapa truk pengangkut endapan, beberapa orang pekerja, dan lahan kosong yang jauh dari pemukiman untuk pengolahan endapan sungai dan selokan. Setelah endapan-endapan itu melalui proses penjemuran untuk menghilangkan bau dan pengeringan baru di ayak atau di saring. Endapan-endapan itu pasti mengandung pasir, tanah, batu, kayu, kaca, plastik, besi, dan sampah-sampah lainnya. Selanjutnya tanah dan pasir bisa di manfaatkan untuk pengurukan berbagai kebutuhan.

***

Bagaimana lumayan kan untuk menambah pendapatan pemerintah. Tanah uruk dari hasil endapan sungai dan selokan pun bisa di jual lagi ke masyarakat atau mungkin bisa di impor ke negara yang membutuhkan. Pemerintah untung masyarakat pun bebas banjir. Mungkin kalau kapasitas tanah uruk bekas endapan sungai dan selokannya dalam jumlah besar pemerintah bisa membuat pulau seperti singapura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar